SOLARIA: Mengenal Eco-lifestyle Bersama Program

Pada Kamis, 3 November 2011, tiga Program Eco-campus U-green: Waste Management, Bioconservation, dan CCE melaksanakan diskusi bersama tentang Eco-lifestyle di Ruang 9008, Gedung TL Lama.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh moderator, Keke (GD ’09), dilanjutkan dengan sambutan oleh Alin (BI ’09) sebagai Kepala Departemen Eco-campus. Kemudian, diskusi mengenai eco-lifestyle pun dimulai. Massa greeners diminta menyebutkan hal-hal apa saja yang berkaitan dengan eco-lifestyle, yang kemudian diwujudkan dalam bentuk mindmap. Tiga pemateri yang membimbing keberlangsungan acara diskusi ini adalah Aha (KL ’10, WM), Ganjar (BI ’10, Bioconservation), dan Uswa (KL ’10, CCE). Berikut merupakan mindmap hasil awal diskusi.

Setelah massa greeners mengutarakan hal-hal apa saja yang berkaitan dengan eco-lifestyle, Ganjar menyampaikan materi tentang Eco-lifestyle dilihat dari sisi Bioconservation. Pada pembahasan ini dibahas seperti apa kondisi lingkungan sekarang, serta fakta-fakta tentang berbagai hewan dan daerah. Kemudian, Uswa menyampaikan tindakan apa saja yang dapat kita lakukan untuk meminimasi kerusakan lingkungan yang terjadi. Tentunya hal-hal ini adalah rangkaian kegiatan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti hemat air, hemat listrik, serta menggunakan transportasi sesuai kebutuhan. Terakhir, Aha menyampaikan tentang konsep 3R sebagai langkah awal untuk meminimasi timbulan sampah. Timbulan sampah yang tidak terkelola dengan baik tentunya dapat mengakibatkan dampak yang tidak nyaman ke lingkungan, sehingga dibutuhkan partisipasi dari setiap individu untuk mewujudkan lingkungan yang lebih baik, dimulai dari pemilahan sampai pengelolaan sampah.

Sesi diskusi yang berjalan dua arah ini kemudian dilanjutkan dengan istirahat shalat dan workshop pengolahan sampah plastik dari Bapak Asep sebagai pendiri unit usaha daur ulang “Paguyuban Daur Ulang Plastik”. Melalui konsep menyetrika plastik yang sudah tidak terpakai lagi, Pak Asep membuat kreasi tas, tempat pensil, jas hujan, dan berbagai benda lainnya yang tentunya unik dan menarik. Upaya Pak Asep ini selain menghasilkan keuntungan dari modal yang kecil, juga memberikan dampak berkurangnya volume sampah plastik di lingkungan.

Meskipun terlihat masih penasaran dengan pengolahan sampah plastik oleh Pak Asep, karena keterbatasan waktu, sesi workshop pun ditutup dan dilanjutkan dengan sesi games Ranking 1. Pada acara ini, dengan dibimbing Ryan (MRI ’10) sebagai MC, Greeners berlomba-lomba menjawab pertanyaan terkait materi eco-lifestyle dan workshop pengolahan sampah plastik yang telah dijelaskan sebelumnya. Games ini dimenangkan oleh tiga orang dengan predikat juara 1, juara 2, dan juara 3, dengan pemenang utama diraih oleh Bayu Adi (Greeners ’11).

Bagian penutup acara ini adalah pengenalan program kerja setiap program secara singkat, dari tiga kepala program: Melati sebagai Kepala Program WM, Desy sebagai Kepala Program Bioconservation, dan Ica sebagai Kepala Program CCE. Acara ditutup dengan pesan kepada Greeners untuk selalu menerapkan eco-lifestyle dalam kehidupan sehari-hari serta kepada Greeners 2011 untuk mengisi kuisioner pemilihan program sesuai minat mereka. (Ica)

Leave a comment